Pages

Subscribe:

Labels

Jumat, 25 Maret 2011

Blender 3D Review

Pernah mendengar istilah Blender?? Pasti yang terbayang pertama kali adalah alat yang digunakan untuk membuat Jus, hehehe. Tapi disini kita tidak sedang membahas Blender yang untuk membuat jus. Upss . .

Blender yang kita bahas disini adalah sebuah aplikasi modeling 3D yang canggih dan berjalan di bawah platform Linux (Ubuntu, Fedora, Linuxmint dsb) dan yang pasti Opensource tentunya alias free. Walaupun ukurannya hanya belasan mega saja, aplikasi ini mampu menghasilkan model 3D dan animasi berkualitas tinggi, melakukan rendering, post production, interactive creation dan playback, bahkan Game Engine untuk membuat game pun ada disini. Blender juga bisa mengekspor ke berbagai format 3D, seperti VRML, Cal3D, AC3D dan lain sebagainya. Selain itu Blender juga tersedia untuk system operasi Windows dan MacOS.

Sampai sejauh ini perkembangan blender cukup signifikan dan telah menghasilkan karya-karya sepeti game dan film yang bisa dibilang "wah" dan juga tidak boleh dianggap remeh. Seperti film Sintel, Big Bug Bunny dsb, serta game seperti Yo Frankie!! pokoknya "Two Thumbs" deh untuk aplikasi ini.  Perbandingan Blender dengan aplikasi 3D lainnya dapat dilihat disini.

Blender sekarang sudah sampai versi 2.49 dan untuk versi beta sudah sampai versi 2.56. Namun perbedaan interface antara versi asli dengan versi beta sangatlah jauh berbeda, maka biasanya orang yang sudah terbiasa dengan versi 2.49 tidak ingin berpindah menggunakan versi betanya (versi 2.5 - versi 2.56) dikarenakan harus beradaptasi dengan interface yang baru, begitu juga sebaliknya. 

Berikut Perbandingan Interface antara versi 2.49 dengan versi 2.56 bisa dilihat di gambar berikut :
Blender Versi 2.49
Blender Versi 2.56 Beta
Dengan perbadingan interface yang sangat berbeda mungkin memang membutuhkan waktu yang relatif lama untuk beradaptasi. Tetapi bagi yang baru ingin mencoba Blender, langsung aja coba yang versi 2.56, atau mencoba keduanya juga boleh  :-)
 
Berikut Video Apa yang telah Blender hasilkan :  

Film Sintel

Bick Buck Bunny
Game Yo Frankie

 Dan masih banyak lagi Maha karya yang dihasilkan oleh aplikasi mungil ini. Akan tetapi aplikasi ini juga tidak bisa apa-apa tanpa bantuan dari tangan -tangan kreatif kita. 

Anda tertarik mencoba Blender??
Download Blender di situs resminya:

Untuk Tutorialnya Bisa dilihat disini:

Ada juga majalah Blender Magz bisa dilihat disini:


Sekian dari saya semoga bermanfaat . .
Met Ngejus pake Blender :-)

0 komentar:

Posting Komentar